Abstract:
Penelitian ini didasari oleh observasi dan wawancara awal yang dilakukan peneliti di SD
Muhammadiyah 13 Medan, khususnya di kelas V. Peneliti menemukan beberapa permasalahan seperti
kurangnya fasilitas pembelajaran di sekolah, seperti halnya guru hanya mengandalkan buku pelajaran
dari pemerintah, hal tersebut membuat siswa kurang antusias dalam pembelajaran. Tujuan dari
penelitian ini antara lain: (1) Untuk menelaah hasil pengembangan Bahan Ajar Mata Pelajaran PKn
berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Negaraku Indonesia di Kelas V SD Muhammadiiyah 13
Medan, (2) Untuk meninjau kelayakan Bahan Ajar Mata Pelajaran PKn berbasis Pendekatan Saintifik
pada Materi Negaraku Indonesia di Kelas V SD Muhammadiiyah 13 Medan. Penelitian ini
menggunakan metode Research and Development (RnD), instrumen penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini adalah angket (lembar validasi). Uji kelayakan dilakukan oleh beberapa dosen ahli materi,
ahli media, dan ahli bahasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Bahan Ajar Mata Pelajaran PKn
berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Negaraku Indonesia di Kelas V SD Muhammadiyah 13
Medan sangat layak digunakan. Hal ini ditinjau dari perolehan nilai yang diberikan oleh ahli materi
senilai senilai 83% dengan kategori layak, ahli bahasa senilai 95% dengan kategori sangat layak, dan
ahli media senilai 98% dengan kategori sangat layak. Rata-rata penilaian angket dari para ahli tersebut
adalah 92%. Berdasarkan hasil analisis, dapat ditarik kesimpulan bahwa pengembangan Bahan Ajar
Mata Pelajaran PKn berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Negaraku Indonesia berhasil dan sangat
layak untuk digunakan