Abstract:
Dalam dunia kesehatan, citra yang positif sangat penting untuk menarik
kepercayaan asyarakat. Pentingnya humas di rumah sakit terletak pada
kemampuannya untuk membangun dan mempertahankan citra positif rumah sakit,
meningkatkan komunikasi antara rumah sakit dan masyarakat, serta mengelola
informasi yang akurat untuk memperkuat kepercayaan pasien dan publik. Tujuan
penelitian ini untuk mengetahui strategi humas dalam meningkatkan citra Rumah
Sakit Umum Daerah Sipirok. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif.
Teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan dokumentasi. Analisis data
penelitian menggunakan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data
dan penarikan Kesimpulan. Narasumber dalam penelitian ini terdiri atas empat
orang yaitu humas, perawat, dan 2 orang pasien Rumah Sakit Umum Daerah
Sipirok. Hasil penelitian dari strategi humas dalam menigkatkan citra rumah sakit
umum daerah sipirok yaitu dengan cara menjalin komunikasi yang baik dan
meningkatkan kualitas serta kepuasan dari pelayanan.