Research Repository

PERBANDINGAN TINGKAT KEBISINGAN KNALPOT STANDART SEPEDA MOTOR DAN KNALPOT MODIFIKASI BERBAHAN SKRAP TEMBAGA DAN SKRAP ALUMUNIUM LIMBAH PEMBUBUTAN

Show simple item record

dc.contributor.author MUHAMMAD, DAFFA
dc.date.accessioned 2024-11-12T01:54:28Z
dc.date.available 2024-11-12T01:54:28Z
dc.date.issued 2024-10-02
dc.identifier.uri https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26040
dc.description.abstract Penelitian ini berfokus pada bagaimana cara mengurangi tingkat kebisingan knalpot yang dihasilkan sepeda motor, yang populasinya meningkat dari tahun ke tahun. Tujuan penelitian ini adalah menurunkan tingkat kebisingan knalpot sepeda motor dengan cara memodifikasi saluran gas buang, yaitu dengan memodifikasi bagian dalam resonator knalpot menggunakan pipa resonator berbahan tembaga dan alumunium hasil daur ulang. Penelitian ini akan mendaur ulang skrap tembaga dan alumunium sebagai pengganti resonator dan kemudian dilakukan pengujian tingkat kebisingan pada kenalpot sepeda motor. Elemen yang akan diamati adalah nilai desible sebagai data pembanding. Alat yang akan digunakan untuk mengamati dan melihat elemen tersebut adalah Sound Meter. Dari hasil pengujian dan analisa data, didapatkan uji tingkat kebisingan terbaik knalpot sepeda motor pada rpm 1450 knalpot skrap alumunium menunjukkan tingkat kebisingan terendah sebesar 78,3 Db, dan pada rpm 4000 sebesar 90,6 Db. Sedangkan pada rpm 5000 knalpot skrap tembaga menunjukan tingkat tingkat terendah sebesar 95,8. en_US
dc.subject knalpot en_US
dc.subject sepeda motor en_US
dc.subject tingkat kebisingan en_US
dc.subject alumunium en_US
dc.subject tembaga en_US
dc.title PERBANDINGAN TINGKAT KEBISINGAN KNALPOT STANDART SEPEDA MOTOR DAN KNALPOT MODIFIKASI BERBAHAN SKRAP TEMBAGA DAN SKRAP ALUMUNIUM LIMBAH PEMBUBUTAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account