Abstract:
Penelitian ini berfokus pada bagaimana cara mengurangi tingkat kebisingan knalpot yang
dihasilkan sepeda motor, yang populasinya meningkat dari tahun ke tahun. Tujuan
penelitian ini adalah menurunkan tingkat kebisingan knalpot sepeda motor dengan cara
memodifikasi saluran gas buang, yaitu dengan memodifikasi bagian dalam resonator
knalpot menggunakan pipa resonator berbahan tembaga dan alumunium hasil daur ulang.
Penelitian ini akan mendaur ulang skrap tembaga dan alumunium sebagai pengganti
resonator dan kemudian dilakukan pengujian tingkat kebisingan pada kenalpot sepeda
motor. Elemen yang akan diamati adalah nilai desible sebagai data pembanding. Alat yang
akan digunakan untuk mengamati dan melihat elemen tersebut adalah Sound Meter. Dari
hasil pengujian dan analisa data, didapatkan uji tingkat kebisingan terbaik knalpot sepeda
motor pada rpm 1450 knalpot skrap alumunium menunjukkan tingkat kebisingan terendah
sebesar 78,3 Db, dan pada rpm 4000 sebesar 90,6 Db. Sedangkan pada rpm 5000 knalpot
skrap tembaga menunjukan tingkat tingkat terendah sebesar 95,8.