Abstract:
Umumnya permasalahan dalam proses pembelajaran yaitu
ditemukan penerapan metode ceramah dalam penyampaian materi
pembelajaran oleh guru. Selain itu, guru juga memimpin siswa untuk
melakukan pembagian tugas, diskusi, latihan, juga kegiatan tanya jawab
seperti metode pembelajaran pada umumnya. Adapun alternatif dalam
melihat keterampilan menulis siswa yaitu dengan menggunakan media
flipbook. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh
penggunaan media flipbook terhadap keterampilan menulis paragraf
deskriptif imajinatif pada SD Pertiwi Medan. Jenis penelitian yang
digunakan yaitu quasi eksperiment dengan rancangan penelitian
nonequivalent control group design. Sampel yang digunakan yaitu
siswa kelas IV A SD Pertiwi Medan sebagai kelas kontrol dan siswa kelas
IV B SD Pertiwi Medan sebagai kelas kontrol dengan jumlah masing-
masing kelas yaitu 24 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan
teknik tes dan observasi. Sementara itu, teknik analisis data meggunakan
uji instrumen dan uji analisis data hasil penelitian menggunakan
bantuan IBM SPSS for windows 20 dan Exceel. Berdasarkan hasil
penelitian bahwa media flipbook memiliki pengaruh yang signifikan
terhadap keterampilan menulis paragraf deskriptif imajinatif pada siswa
SD Pertiwi Medan, serta di peroleh hasil perbandingan nilai rata-rata pre
tes yaitu 51,88 dan post tes 85,83.