Abstract:
Penelitian ini membahas tentang pengaruh servicescape social media marketing
terhadap minat pengunjung wisatawan di ulu kasok kabupaten kampar, Memiliki
tujuan yakni : (1) Untuk mengetahui pengaruh servicescape terhadap minat
pengunjung wisatawan di Ulu Kasok Kabupaten Kampar. 2) Untuk mengetahui
pengaruh media sosial marketing terhadap minat pengunjung wisatawan di Ulu
Kasok Kabupaten Kampar. 3) Untuk mengetahui pengaruh servicescape dan sosial
media marketing terhadap minat pengunjung wisatawan di Ulu Kasok Kabupaten
Kampar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Pengumpulan
sampelnya menggunakan metode nonprobability dengan pendekatan purposive
sampling. Teknik ini adalah teknik pengambilan sampel di mana peneliti memilih
responden berdasarkan kriteria tertentu yang relevan dengan tujuan penelitian.
Sampel dalam penelitian ini adalah pengunjung yang pernah berkunjung ke wisata
Ulu Kasok Kabupaten Kampar dengan jumlah keseluruhan 100 responden. Analisis
yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan program SPSS versi 22. Pada
penelitian ini menunjukkan bahwa Servicescape berpengaruh positif secara
signifikan terhadap minat berkunjung wisatawan. Dengan didapatkan nilai uji-t
secara parsial yaitu 𝑇β𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 > 𝑇𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 sebesar (4,357 > 1,984) dan nilai sig < 0,05
sebesar (0,000 < 0,05) dan Sosial Media Marketing berpengaruh positif secara
signifikan terhadap minat berkunjung wisatawan. Dengan didapatkan nilai uji-t
secara parsial yaitu 𝑇β𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 > 𝑇𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 sebesar (3,967 > 1,984) dan nilai sig < 0,05
sebesar (0,00 < 0,05) juga dengan didapatkan hasil uji-F secara simultan yaitu
sebesar 𝐹β𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 > 𝐹𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 sebesar (123,075 > 3,090) dengan nilai signifikan 0,000.