Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya motivasi belajar siswa kelas IV
SD IT Al-Ishlah Medan yang disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya yaitu
kurang tepatnya guru dalam memilih model pembelajaran. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikansi dari model pembelajaran
Picture and Picture di kelas IV SD IT Al-Ishlah Medan. Penelitian ini
merupakan penelitian dengan pengolahan data kuantitatif eksperimen serta
menggunakan teknik simple random sampling dimana pengambilan populasi
secara acak tanpa memperhatikan setiap anggota populasi yang berjumlah 20
siswa kelas IV-A dan 20 siswa kelas IV-B. Variabel bebas adalah model picture
and picture, sedangkan variabel terikat yaitu hasil belajar siswa. Proses
pengambilan sampel data menggunakan software spss versi 26. Hasil penelitian
dari uji t (Independent Sample T-test) menunjukkan bahwa terdapat pengaruh
model pembelajaran picture and picture terhadap hasil belajar siswa dengan
nilai sig 2-tailed sebesar 0,000. Berarti 0,000 < 0,05 maka Ha diterima dan H0
ditolak. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran
picture and picture di kelas IV SD IT Al-Ishlah Medan.