dc.description.abstract |
Pembelajaran tematik dirancang untuk meningkatkan motivasi belajar siswa yang
optimal dan maksimal. Pembelajaran tersebut akan mendorong siswa untuk aktif
berpartisipasi karena dorongan dari dalam diri siswa dapat menarik motivasi
untuk belajar. Namun, pada kenyataannya semangat belajar beberapa siswa belum
maksimal sehingga aktivitas belajar juga belum maksimal. Hal tersebut
dikarenakan kurangnya minat terhadap suatu pembelajaran atau mata pelajaran
tertentu, kemampuan belajar siswa yang belum maksimal, adanya pengaruh dari
luar, dan lebih suka bermain. Salah satu upaya dilakukan yaitu menggunakan
media poster dalam pembelajaran. Poster menjadi salah satu bagian proses belajar
mengajar dalam sebuah lembaga pendidikan. Perilaku efektif siswa yang timbul
dalam menggunakan media poster adalah adanya motivasi belajar siswa dalam
proses pembelajaran. Oleh karena itu, untuk meningkatkan motivasi belajar siswa
guru menggunakan media poster pada saat proses pembelajaran
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui untuk mengetahui minat belajar siswa
sebelum menggunakan media poster pada pelajaran IPA kelas IV SD 064978
Medan. Untuk mengetahui pengaruh signifikan antara media pembelajaran
dengan minat siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni 2024. Penelitian
ini dilakukan di kelas IV SD Negeri 064978 Medan Denai yang berlokasi di Jl.
Manunggal Kelurahan Denai , Kecamatan Medan Denai, Kota Medan Prov.
Sumatera Utara. Metode penelitian yang digunakan kuantitatif dengan teknik
pengumpulan data berupa angket minat belajar IPA yang berisi 40 pertanyaan dan
dokumentasi lapangan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas
IV Sd SD 064978 Medan dengan sampel seluruh populasi. Dari hasil penelitian
diperoleh t hitung sebesar 72,199 dan t tabel 1,664 t hitung > t tabel artinya ada
pengaruh yang signifikan media poster terhadap minat belajar siswa pada mata
pelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 064978 Medan Denai. Peneliti meyakini
media poster yang dikembangkan ini dapat menjadi solusi dalam pengembangan
media pembelajaran interaktif yang melatih kreativitas siswa dan minat belajar
siswa. |
en_US |