dc.description.abstract |
Pada penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa yang belum memiliki karakter
sesuai yang ada pada nilai nilai kepahlawanan. Siswa belum menunjukkan sikap
sikap yang tercerminkai dengan nilai-nilai yanga da pada pahlawab bangsa
Indonesia. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah terdapat
pengaruh media pembelajaran finger puppets berbasis bermain peran terhadap
penanaman nilai-nilai kepahlawanan dikelas IV SD Negeri 100920 Sidingkat Aek
Sigama. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa dikeas IV SD Negeri
100920 Sidingkat Aek Sigama yang berjumlah 35 orang siswa. Adapun sampel
yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berjumlah 35 orang siswa. Teknik
sanpling yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik Purposive
Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar
observasi yang telah divalidkan. Teknik analisis data dalam penelitian ini
menggunakan uji validitas dan reabelitas serta uji-t (hipotesis). Hasil dalam
penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran finger puppets berbasis
bermain peran ini berpengaruh terhadap penanaman nilai-nilai kepahlawanan pada
siswa dikelas IV SD Negeri 100920 Sidingkat Aek Sigama, dilihat dari hasil
analisis uji hipotesis (uji independen t-test) diperolehnya nilai yang signifikan (sig
2-tailed) 0,000 < 0,05, artinya adalah Ha diterima dan H0 ditolak. Hal ini
membuktikan bahwa adanya pengaruh media finger puppets berbasis bermain
peran terhadap penanaman nilai-nilai kepahlawanan dikelas IV SD Negeri 100920
Sidingkat Aek Sigama. Hasil analisis data meperoleh rata-rata (mean) pada siswa
sebelum diberikkannya perlakuan (pretest) memproleh nilai 62,25 artinya dibawah
rata-rata. Sedangkan setelah diberikannya perlakuan (posttest) pada siswa
menggunakan media finger puppets memperoleh rata-rata (mean) 87,2. Maka dari
itu siswa mendapatkan perlakuan dengan media finger puppets memiliki rata-rata
nilai lebih tinggi dibandingkan sebelum diberikannya perlakuan. |
en_US |