Research Repository

Pengaruh Media Finger Puppets Berbasis Bermain Peran Terhadap Penanaman Nilai-Nilai Kepahlawanan dikelas IV SD Negeri 100920 Sidingkat Aek Sigama

Show simple item record

dc.contributor.author Siregar, Sri Mulyana
dc.date.accessioned 2024-11-11T09:39:32Z
dc.date.available 2024-11-11T09:39:32Z
dc.date.issued 2024-08-13
dc.identifier.uri https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26011
dc.description.abstract Pada penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa yang belum memiliki karakter sesuai yang ada pada nilai nilai kepahlawanan. Siswa belum menunjukkan sikap sikap yang tercerminkai dengan nilai-nilai yanga da pada pahlawab bangsa Indonesia. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh media pembelajaran finger puppets berbasis bermain peran terhadap penanaman nilai-nilai kepahlawanan dikelas IV SD Negeri 100920 Sidingkat Aek Sigama. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa dikeas IV SD Negeri 100920 Sidingkat Aek Sigama yang berjumlah 35 orang siswa. Adapun sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berjumlah 35 orang siswa. Teknik sanpling yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik Purposive Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar observasi yang telah divalidkan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji validitas dan reabelitas serta uji-t (hipotesis). Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran finger puppets berbasis bermain peran ini berpengaruh terhadap penanaman nilai-nilai kepahlawanan pada siswa dikelas IV SD Negeri 100920 Sidingkat Aek Sigama, dilihat dari hasil analisis uji hipotesis (uji independen t-test) diperolehnya nilai yang signifikan (sig 2-tailed) 0,000 < 0,05, artinya adalah Ha diterima dan H0 ditolak. Hal ini membuktikan bahwa adanya pengaruh media finger puppets berbasis bermain peran terhadap penanaman nilai-nilai kepahlawanan dikelas IV SD Negeri 100920 Sidingkat Aek Sigama. Hasil analisis data meperoleh rata-rata (mean) pada siswa sebelum diberikkannya perlakuan (pretest) memproleh nilai 62,25 artinya dibawah rata-rata. Sedangkan setelah diberikannya perlakuan (posttest) pada siswa menggunakan media finger puppets memperoleh rata-rata (mean) 87,2. Maka dari itu siswa mendapatkan perlakuan dengan media finger puppets memiliki rata-rata nilai lebih tinggi dibandingkan sebelum diberikannya perlakuan. en_US
dc.subject Media Finger Puppets en_US
dc.subject Nilai-nilai Kepahlawanan en_US
dc.title Pengaruh Media Finger Puppets Berbasis Bermain Peran Terhadap Penanaman Nilai-Nilai Kepahlawanan dikelas IV SD Negeri 100920 Sidingkat Aek Sigama en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account