Abstract:
Minat sangat besar pengaruhnya terhadap hasil belajar, karena apabila bahan pelajaran yang
dipelajari tidak sesuai dengan minat, siswa tidak akan belajar dengan baik sebab tidak menarik
baginya. Dapat di simpulkan minat belajar adalah rasa lebih suka dan ketertarikan pada satu hal
atau aktivitas, tanpa ada yang menyuruh. Rendahnya Minat belajar siswa pada pembelajaran Ilmu
pengetahuan alam disebabkan karena kurangnya penggunaan media pembelajaran yang sesuai
dengan kebutuhan peserta didik. Adapun tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui
pengaruh Media Gambar Interaktif Terhadap Minat Belajarr Siswa Pada Pembelajaran IPA di
Kelas IV SD Bina Taruna Jaya Medan. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian kuantitatif
model eksperiment dengan subjek yakni siswa kelas IV SD yang berjumlah 24 siswa. Hasil dalam
penelitian ini menunjukan jika persentase Minat belajar siswa mengalami peningkatan pada setiap
siklusnya yakni pada prasiklus 58,33% lalu pada siklus I adalah 75% dan 96% pada siklus II.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan Minat belajar mata Pelajaran IPA siswa
kelas IV setelah menggunakan Media Gambar Interaktif.