dc.description.abstract |
Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan keterampilan dan
hasil belajar siswa akuntansi kelas X di SMK Swasta PAB Sampali,dan untuk
mengetahui bagaimana hasil belajar siswa setelah guru menerapkan metode
pembelajaran Drill pada pokok bahasan Buku Besar.
Subjek dalam peneliti ini adalah siswa kelas X di SMK Swasta PAB 8 Sampali
Tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 35 siswa.Intrumen penelitian yang
digunakan adalah observasi dan tes.
Hasil penelitian dapat dilihat bahwa peningkatan hasil belajar siswa pada pokok
bahasan buku besar. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siklus 1 yakni 62,85%
dengan jumlah siswa yang tuntas 22 orang. Pada siklus II meningkat
menjadi91,43 % dengan jumlah siswa yangtuntas 32 orang.Sedangkan siswa yang
tidak tuntas pada siklus I 37,14% dengan jumlah 13 orang, dan pada siklus II
menjadi 8,6% dengan jumlah 3 orang. Dan keterampilan belajar siswa pada siklus
I dengan skor rata-rata yaitu 22,2% dan pada siklus II dengan nilai rata-rata
yaitu.30,74%
Dari hasil diatas dapat disimpulkan bahwa hasil belajar dan keterampilan siswa
pada kelas X SMK Swasta PAB 8 Sampali menagalami peningkatan secara
signifikan dan siswa sudah menguasai materi pelajaran Buku Besar. |
en_US |