Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan memahami siswa
pada mata pelajaran IPA kelas IV SD IT Bustanul Ulum. Berdasarkan hasil
wawancara dan observasi awal yang dilakukan oleh peneliti, masih terdapat
sebanyak 57% siswa dikelas V yang belum mendapatkan nilai tuntas, atau masih
dibawah KKM. Hal ini ternyata disebabkan oleh kurangnya variasi belajar yang
dilaksanakan dikelas, diketahui bahwa guru dikelas hanya menggunakan
pembelajaran berbasis ceramah, sehingga siswa merasa jenuh dan menjadi faktor
utama siswa tidak memahami materi yang disampaikan oleh guru. Penelitian ini
memiliki tujuan untuk melihat pengaruh dari penggunaan media pembelajarn
Media Animasi terhadap Kemampuan Memahami Materi Pada Mata Pelajaran
IPA di SD IT Bustanul Ulum. Metode penelitian yang digunakan adalah metode
kuantitatif, dengan menggunakan populasi seluruh siswa kelas IV yaitu kelas IV A
dan kelas IV B yang berjumlah 34 siswa, yang akan dijadikan sebagai sampel
dalam penelitian ini.penelitian yang menggunakan kelas eksperimen dan kelas
kontrol. Dimana pada kelas eksperimen siswa akan mendapatkan perlakukan
berupa pembelajaran yang menggunakan media animasi, sedangkan kelas kontrol
siswa tidak akan diberikan perlakuan seperti halnya dikelas eksperimen Adapun
variabel bebas (X) pada penelitian ini adalah Media Animasi , sedangkan variabel
terikatnya (Y) merupakan Kemampuan Memahami Materi. Pengujian akan
dilakukan dengan menggunakan Uji Hipotesis Independent Sample Test, yang
diawali dengan melakukan uji validitas dan reliabilitas pada soal yang akan
diberikan kepada siswa, kemudian diuji kembali menggunakan uji normalitas dan
homogenitas, untuk melihat apakah data yang diberikan pada kelas eksperimen
dan kontrol berdistribusi normal dan homogen atau tidak. Hal ini dibuktikan
dengan adanya peningkatan rata-rata nilai pre-test siswa sebelum diberi perlakuan
dengan rata-rata nilai post-test siswa setelah diberikan perlakuan. Hasil ini juga
didukung dengan dilakukannya Uji Hipotesis, dengan nilai signifikansi sebesar
0,000 yang mana lebih kecil atau kurang dari 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa
Ha diterima dan H0 ditolak. Jika didefinisikan secara singkat maka terdapat
pengaruh positif penggunaan Media Animasi terhadap Kemampuan Memahami
Materi Mata Pelajaran IPA di SD IT Bustanul Ulum.