dc.description.abstract |
Tujuan peneliti untuk menegtahui bagaimanakah penerapan model
pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantu media
ROTASI Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata
Pelajaran Akuntansi Di Kelas XI Akuntansi SMK PAB 2 HELVETIA. Adapun
yang menjadi rumusan masalah peneliti ini adalah Aktivitas Belajar Akuntansi
yang diukur adalah Aktivitas Belajar Akuntansi Siswa yang muncul saat
mempelajari materi Pokok Persediaan dikelas XI SMK PAB 2, dan Hasil belajar
yang akan ditelitih adalah hasil Belajar Akuntansi pada pokok Bahasan
Persediaan.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada dasarnya
merupakan upaya meningkatkan kualitas pendidikan khususnya dalam proses
pembelajaran ini yaitu siswa kelas XI SMK PAB 2 Helvetia yang berjumlah 30
orang, dan yang menjadi objek penelitian ini adalah model pembelajaran
Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantu media ROTASI.
Berdasarkan Hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran
Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantu media ROTASI di
kelas XI Akuntansi SMK PAB 2 HELVETIA pada Siklus I diperoleh data
sebanyak 10 orang siswa (33,33%) telah mencapai ketuntasan belajar dan 20
orang siswa (66,67%) belum mencapai ketutasan belajar dengan nilai rata-rata
siswa 70,3 dan aktivitas belajar sisiwa hanya mencapai 72%. Sedangkan pada
siklus II diperoleh data sebanyak 28 (93,34%) telah mencapai ketuntasan belajar
dan 2 orang siswa (6,67%) belum mencapai ketuntasan belajar dengan nilai ratarata
83,93, dan aktivitas belajar siswa mencapai 85%. sehingga dengan
meningkatnya hasil belajar dari siklus I ke siklus II aktifitas yang terjadi dikelas XI
Akuntansi SMK PAB 2 HELVETIA juga ikut meningkat.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model
pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantu media
ROTASI Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata
Pelajaran Akuntansi Di Kelas XI Akuntansi SMK PAB 2 HELVETIA Tahun
Ajaran 2017/2018. |
en_US |