Abstract:
Medan Raya Fashion Week merupakan salah satu trend yang banyak menarik
perhatian masyarakat terutama para remaja sub urban. Medan Raya Fashion Week
2024 menjadi Platform remaja untuk mengekspresikan diri mereka melalui cara
berpakaian. Keberadaan Medan Raya Fashion Week 2024 memberikan preferensi
terhadap pakaian yang memiliki kaitan dengan identitas sosial seorang remaja.
Event terbesar yang pertama kali diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Kota
Medan mengenai dunia Fashion adalah Medan Raya Fashion Week 2024. Peran
Dinas Pariwisata Kota Medan dalam hal ini sangat penting sebagai salah satu
indikator keberhasilan sebuah event komersil dengan jangkauan yang luas seperti
Medan Raya Fashion Week, karena dapat berpengaruh dalam menciptakan media
coverage. Dalam hal ini media berperan sebagai corong yang menjembatani Dinas
Pariwisata Kota Medan dengan publikasi yang dilakukan. Metode penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriftif, dimana peneliti
mengambil Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Medan sebagai objek
penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, dokumentasi,
dan wawancara. Data kemudian dianalisis dengan tiga tahapan yaitu reduksi data,
penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data divalidasi dengan menggunakan
triangulasi. Upaya yang dinilai belum terlalu efektif karena belum ada
pertumbuhan wisatawan yang masif, meski demikian, upaya ini harus tetap
dilancarkan karena memulihkan jumlah wisatawan membutuhkan waktu yang
cukup lama