dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor budaya menabung di sekolah
(X1), aktor Psikologis Siswa (X2), faktor Masa Depan Siswa(X3), faktor Gaya
Hidup Siswa(X4), dan faktor Emosional Siswa (X5). Data penelitian ini diperoleh
dari data primer(Kuesioner, dokumentasi) dan data sekunder. Jenis penelitian ini
menggunkan penelitian deskriptif dengan cara kualitatif. Teknik pengambilan
sempel dalam penelitian ini menggunakan teknik Random Sampling Classter,
dengan populasi 10 kelas mulai dari kelas X, XI, XII dimana sampel classter
terdapat pada seluruh kelas X(Sepuluh). Penelitian ini menggunkan 90 responden
aktif pada kelas X. Teknik pengujian instrumen dalam penelitian ini yaitu uji
validitas dan reabilitas tes, sedangkan data penggunakan uji asumsi klasik, analisis
regresi linear berganda dengan deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
Signifikansi pada uji F sebesar 0,000 dan nilai F tabel sebesar 3,10. maka dari itu
uji Fhitung (9,986) > (3,10) Ftabel. Faktor budaya menabung di sekolah, faktor
psikologis siswa, faktor masa depan, faktor gaya hidup siswa, dan faktor
emosional siswa secara simultan bersama-sama berpengaruh terhadap minat
menabung terlihat dari uji F dengan nilai F 9,986 > F 1,666 dan nilai signifikansi
0,000 < 0,005. Hasil uji T bahwa nilai signifikansi pada Faktor budaya menabung
di sekolah(X1) sebesar 0,000 dan nilai T tabel sebesar 1,666 sedangkan Thitung
Sebesar 4,653 yang artinya Thitung lebih besar dari Ttabel. Dapat di simpulkan
bahwa Variabel X1 berpengaruh pada Variabel Y. Faktor psikologis siswa(X2)
dengan nilai signifikansi sebesar 0,114 dengan nilai Thitung sebesar -1,599 di
nyatakan berpengaruh negatif dan signifikansi pada minat menabung(Y). Faktor
masa depan(X3) dengan nilai signifikansi sebesar 0,206 dengan nilai Thitung
sebesar 1,275 yang artinya tidak berpengaruh terhadap minat menabung(Y).
Faktor gaya hidup siswa dengan nilai signifikansi sebesar 0,226 dengan nilai
Thitung sebesar -1,219 dan di nyatakan tidak berpengaruh terhadap minat
menabung(Y). Faktor emosional siswa dengan nilai signifikansi sebesar 0,102
dengan nilai Thitung 1,654 yang artinya tidak berpengaruh terhadap minat
menabung(Y). Berdasarkan koefisien determinasi dengan nilai R Square sebesar
37.3% variasi pada variabel minat menabung mampu secara simultan atau
bersama-sama di terangkan oleh semua variabel independen, sedangkan sisanya
sebesar 62,7% di terangkan oleh variabel lain |
en_US |