dc.description.abstract |
Komunikasi di organisasi pemerintahan merupakan proses saling bertukarinformasi, gagasan, dan pandangan antara berbagai unit atau individu yang terlibatdalam menjalankan tugas-tugas pemerintahan. Komunikasi di organisasipemerintahan sangat penting karena memungkinkan terciptanya koordinasi yangefektif antara berbagai bagian dalam organisasi pemerintahan untuk mencapaitujuan-tujuan yang telah ditetapkan. Kajian ini bertujuan untuk menginvestigasipengaruh motivasi dan kepemimpinan terhadap kinerja pegawai di kantorSekretariat Daerah Kabupaten Padang Lawas. Penelitian ini menggunakanpendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner kepadapegawai di kantor tersebut. Variabel independen dalam penelitian ini adalahmotivasi dan kepemimpinan, sedangkan variabel dependennya adalah kinerjapegawai.Metode analisis data yang digunakan adalah regresi untuk mengujihubungan antara motivasi dan kepemimpinan terhadap kinerja pegawai. Hasilpenelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh kepemimpinan terhadap kinerjapegawai di Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Padang Lawas dan begitu jugadengan motivasi berpengaruh terhadap kinerja pegawai di Kantor SekretariatDaerah Kabupaten Padang Lawas.Berdasarkan hasil uji koefisien determinasikepemimpinan dan motivasi mempengaruhi variabel kinerja pegawai adalahsebanyak 75,3 %. Sementara hasil uji hipotesis menunjukkan hasil H0 ditolak danhasil H1 diterima yang menyatakan ada pengaruh nyata dan positif motivasiterhadap kinerja,H2 diterima yang menyatakan ada pengaruh nyata dan positifkepemimpinan terhadap kinerja dan hasil H3 diterima yang menyatakan bahwamotivasi dan kepemimpinan secara simultan berpengaruh terhadap kinerjakaryawan. . |
en_US |