Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode presentasi
ekstempore dalam peningkatan kreativitas siswa pada mata pelajaran Fikih di SMP IT
Luqmanul Hakim. Penelitian ini dibuat berdasarkan problematika dalam pemilihan
metode pembelajaran yang monoton, sehingga metode presentasi ekstempore ini dapat
menjadi salah satu alternatif pembelajaran yang menyenangkan. Metode penelitian ini
menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif.
Teknik pengumpulan data berupa observasi langsung ke lokasi penelitian, wawancara
kepala sekolah dan guru, dan dokumentasi penelitian. Adapun teknik analisis data yang
digunakan yaitu Model Miles and Huberman. Kemudian penelitian ini menggunakan
keabsahan data berupa kepercayaan (creadibility), keteralihan (transferability), dan
kepastian (confirmability). Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat
disimpulkan bahwa metode presentasi ekstempore merupakan salah satu metode
pembelajaran yang cukup efektif untuk dapat meningkatkan keaktifan siswa di dalam
kelas, mengembangkan kreativitas siswa, melatih rasa percaya diri, dan meningkatkan
gaya bahasa dalam menyampaikan suatu informasi.