Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan
teknik sosiodrama terhadap pemantapan karir studi lanjut siswa kelas XII SMA Sekolah
Indonesia Davao-Filipina. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif
dengan desain one-group pretest-posttest. Subjek penelitian berjumlah 17 siswa dengan
menggunakan teknik sosiodrama. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi
dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pemantapan karir studi
lanjut siswa setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama. Hal ini
dibuktikan dengan nilai rata-rata pretest sebesar 39,94 meningkat menjadi 81,00 pada posttest.
Hasil uji wilcoxon menunjukkan nilai Z -3,622 dan sig. 0,000 (p<0,05) yang berarti terdapat
pengaruh signifikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama terhadap
pemantapan karir studi lanjut siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa layanan
bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama efektif untuk memantapkan karir studi lanjut
siswa kelas XII SMA Sekolah Indonesia Davao-Filipina