Abstract:
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan suatu produk bahan
ajar berbasis entrepreneur materi manfaat tumbuhan manuasia dikelas IV SDT
Muhammadiyah 36 Medan. Penelitian ini menggunakan pengembangan Research
and Development (R&D) model yang digunakan model ADDIE yaitu analisis
(Analyze), desain (Design), pengembangan (Development), implementasi
(Implementation) dan evaluasi (Evaluation). Akan tetapi dalam penelitian ini,
membataskan sampai tahap (Development), dikarenakan keterbatasan waktu,
tenaga serat biaya. Tahap Analisis (Analyze), dalam analisis awal mempunyai
tujuan dalam mencari tahu persoalan yang ada di SD. Tahap Perancangan
(Design), menghasilkan rancangan terhadap bahan ajar serta isntrumen
pengumpulan data berupa lembar validasi. Tahap pengembangan (Divelop), yang
dilakukan untuk uji kelayakan produk yang telah divalidasi oleh para validator.
Presentase dari aspek desain memperoleh nilai 97,7% dengan interpretasi “sangat
valid”, presentase dari aspek ahli materi memperoleh nilai 86,6% dengan
interpretasi “sangat valid” dan presentase dari aspek ahli bahasa memperoleh nilai
97,7% dengan interpretasi “sangat valid”. Setelah melakukan validasi dan
berdasarkan dari validasi yang telah didapatkan dapat disimpulkan pada bahan
ajar berbasis entrepreneur layak digunakan. Hasil dari presentase tingkat
kepraktisan bahan ajar untuk respon guru diperoleh dengan hasil nilai 93,7% dan
untuk respon siswa diperoleh hasil nilai 86%. Dapat dinyatakan bahwa bahan ajar
berbasis entrepreneur mamasuki kriteria bahan ajar “sangat praktis” untuk dapat
digunakan pada kriteria pembelajaran dengan materi manfaat tumbuhan bagi
manusia.