Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan media
interaktif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan menganalisis
pengaruh media interaktif berbasis vidio animasi terhadap keterampilan
proses IPA. Jenis yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif
desain NonequivalentControlGroupDesign pretest-postest, sehingga
sampel pada penelitian ini membutuhkan dua kelas yaitu: siswa kelas
IV-A dan IV B yang berjumlah 26 orang masing-masing kelas. Instrumen
pada penelitian ini yaitu: tes pilihan berganda yang diperoleh dari bank
soal. Analisis data penelitian kuantitatif menggunakan prosedur statistik
(statistical procedure) atau analisis statistik (statistical analysis). Analisis
statistik yang digunakan pada penelitian kuantitatif terbagi atas dua
fungsi, yaitu: statistik deskriptif, dan statistik inferensial. Berdasarkan
hasil penelitian diperoleh nilai sig pada uji Indenpendent Sample T-Test
sebesar 0,00 lebih kecil dari 0,05. Hal ini mengindikasi bahwa Ha
diterima dan Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat
pengaruh media interaktif berbasis vidio animasi terhadap keterampilan
proses IPA. Pada hasil analisis juga ditemukan bahwa penggunaan
media interaktif berbasis vidio animasi memberikan pengaruh sebesar
80% terhadap keterampilan proses IPA, sehingga dapat disumpulan
bahwa media interaktif berbasis vidio animasi mampu meningkatkan
keterampilan proses ilmu pengetahuan alam kelas IV SD