Abstract:
Pendidikan merupakan sebuah proses bimbingan yang diberikan kepada orang dewasa yang
disalurkan kepada anak yang sedang berkembang untuk mencapai perkembangan yang
optimal sehingga anak mencapai kedewasaannya. Melalui pembelajaran-pembelajaran yang
diberikan terutama matematika, akan tetapi pada kenyataannya matematika sendiri
seringkali menjadi momok yang menakutkan bagi para siswa, sehingga diperlukannya
pendekatan yang sesuai untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini
untuk mengetahui pengaruh pendekatan contextual teaching and learning (CTL) terhadap
motivasi belajar siswa pada mata Pelajaran matematika. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini ialah menggunakan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan jika
hasil pengujian hipotesis yang didapat dari hasil uji Independent Sample T- Test diperoleh
nilai probabilitasnya (Sig. (2-tailed) sebesar 0,000<0,05 sehingga diterima, yang artinya ada
pengaruh pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) terhadap motivasi belajar
siswa. Sehingga bisa disimpulkan jika pembelajaran matematika dengan menggunakan
pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat mempengaruhi motivasi belajar
siswa.