Abstract:
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui minat belajar siswa dengan
menerapkan model pembelajaran scramble di kelas IV SD Negeri 104214 Kedai
Durian, untuk mengatahui minat belajar siswa dengan menerapkan model
pembelajaran konvensional di kelas IV SD104214 Kedai Durian, dan untuk
mengetahui pengaruh model pembelajaran scramble terhadap minat belajar siswa
kelas IV SD Negeri 104214 Kedai Durian. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan
bahwa nilai rata-rata siswa yang menggunakan model pembelajaran scramble
lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata siswa dengan menggunakan model
pembelajaran konvensional. Nilai rata-rata yang menggunakan model
pembelajaran scramble di peroleh sebesar 80,4% dibandingkan nilai rata-rata
menggunakan model pembelajaran konvensional sebesar 74%. Nilai tertinggi
yang menggunakan model pembelajaran scramble ialah 96,66%, sedangkan nilai
tertinggi yang menggunakan model pembelajaran konvensional ialah 81,66%
Dari penelitian tersebut, diperoleh bahwa terdapat perbedaan pada yang
menggunakan model pembelajaran scramble dan tanpa menggunakan model
pembelajaran scramble, hal ini dibuktikan oleh pengujian hipotesis menggunakan
uji independent samples T-test dengan nilai signifikan taraf 5% dengan
memperoleh nilai sig (2-tailed) 0,000<0,05, selanjutnya Hasil uji distribusi t pada
taraf signifikansi (α = 0,05), T-hitung > T-tabel maka data berdistribusi t
dengan hasil 5.241 > T-tabel 1,678 maka data dapat dikatakan adanya
pengaruh yang signifikan. Hasil yang diperoleh dari uji-t diperoleh nilai
T-hitung yaitu 5.241 dengan frekuensi sebesar = N= 48–1 = 47, pada taraf
signifikan 5 % diperoleh T-tabel yaitu 1,678. maka diperoleh T-hitung > T-tabel
atau 5.241 > 1,678 maka Ho ditolak dan Ha diterima maka Ha diterima dan Ho
ditolak. Adanya pengaruh signifikan dari model pembelajaran scramble terhadap
minat belajar siswa kelas IV SD Negeri 104214 Kedai Durian.