Abstract:
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh screen time handphone
terhadap disiplin belajar mahasiswa FKIP UMSU. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif deskriptif karena objek yang akan ditelitif diwujudkan
dalam bentuk angka dan dianalisis berdasarkan analisis statistik. Sampel dalam
penelitian ini sebanyak 80 mahasiswa FKIP UMSU.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh screen time handphone
terhadap disiplin belajar mahasiswa FKIP UMSU. Hal itu dapat ditunjukkan dari
diperolehnya nilai ANOVA kelompok disiplin belajar antar kelompok sampel
berdasarkan rata-rata screen time, dengan F(5, 64) = 3,42, p < 0,05. Maka dapat
disimpulkan bahwa hipotesis pada penelitian ini diterima yaitu variabel screen time
(X) berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel disiplin belajar (Y).
Sedangkan dari uji post-hoc, skor disiplin belajar tertinggi terdapat pada kelompok
sampel 5 hingga 7 jam alih-alih kelompok screen time 1 jam, menunjukkan bahwa
screen time terlalu rendah tidaklah berarti lebih baik. Sampai batas tertentu,
peningkatan screen time sesungguhnya masih aman, bahkan justru lebih baik. Akan
tetapi penelitian ini menunjukkan bahwa diatas 5-7 jam mengakibatkan
pengurangan disiplin belajar