dc.description.abstract |
Strategi dan gaya kepemimpinan menjadi hal utama untuk dapat
mengembangkan pendidikan sekolah. Seorang pemimpin tidak hanya dipimpin
oleh laki-laki, kepemimpinan perempuan juga mampu memberikan suara dalam
berpartisipasi dan kontrol atas pembangunan pendidikan di negara ini untuk
menjadi lebih baik. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui strategi dari
gaya kepemimpinan Responsif Gender Kepala Sekolah Dalam Optimalisasi
Pengelolaan MTs Nurul Ihsan Bukit Selamat Riau. Teori dalam penelitian ini
yaitu strategi, gaya kepemimpinan, responsif gender dan pengelolaan. Metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan
kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi,
wawancara dan dokumentasi dengan jumlah narasumber 5 (lima) orang termasuk
kepala sekolah, komite, guru dan tenaga pendidik MTs Nurul Ihsan Bukit
Selamat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi gaya kepemimpinan
responsif gender kepala sekolah MTs Nurul Ihsan menggunakan gaya
kepemimpinan feminisme dan transformasional. Adapun strategi yang digunakan
kepala sekolah untuk dapat mengoptimalkan pengelolaan MTs Nurul Ihsan,
seperti, pendekatan kepada masyarakat, mengikuti perkembangan yang ada di
Desa, menerima masukan dari rekan kerja, pengambilan keputusan yang adil, dan
mengikuti diklat untuk mengetahui perkembangan pendidikan |
en_US |