Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media Pembelajaran
Flash Card Terhadap Keterampilan Membaca Siswa Kelas ll Pada
Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD Muhammadiyah 32 Medan. Jenis
penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen. Penelitian ini
merukapan penelitian Pre-Eksperimen design dengan menggunakan One
Grup Pretest dan Posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
peserta didik SD Muhammadiyah dengan sampel kelas II yang didapat
dengan menggunakan teknik sample random sampling berjumlah 24
peserta didik. Teknik pengumpulan data terdiri dari tiga tahapan yaitu
tahap deskripsi data, uji normalitas dan uji hipotesisi. Hasil uji reliabilitas
butir instrument di peroleh data pretest sebesar 0,939 dan posttest 0,788.
Dari analisis data di peroleh uji Shapiro wilk dari data pretest 0,171 > 0,05
dan data posttest 0,139 > 0,05. hasil uji T test di peroleh nilai Thitung>Ttabel
yaitu 8,600 > 2.068 dengan nilai sig 2 tailed yang di peroleh yaitu 0,001 <
0,025 sehingga di peroleh kesimpulan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak
atau dapat di artikan media flashcard berpengaruh terhadap keterampilan
membaca peserta didik kelas II SD Muhammadiyah 32 Medan