Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat Pengaruh Strategi
Inside Outside Circle Terhadap Keterampilan Kolaborasi Pada Siswa Kelas V SD
Waladun Shalih. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif
dengan pendekatan penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan
adalah One-Group Prettest-Posttest Design, karena dalam rancangan ini
melibatkan satu kelompok yaitu dengan menggunakan seluruh populasi siswa
kelas V dengan jumlah sebanyak 27 siswa, sebagai kelompok eksperimen. sampel
pada penelitian diambil dari seluruh populasi yang ada. Sehingga, pada penelitian
ini menggunakan Teknik Sampling Jenuh, Adapun variabel bebas (X) dalam
penelitian ini adalah Strategi Inside Outside Circle, sedangkan variabel terikat (Y)
pada penelitian ini yaitu Keterampilan Kolaborasi. Uji yang digunakan dalam
penelitian adalah Uji Validitas (Expert Judgement) yang di uji langsung oleh
dosen ahli, intrumen yang digunakan dalam penelitian adalah lembar observasi.
kemudian, untuk dapat melihat apakah terdapat pengaruh strategi Inside Outside
Circle Terhadap Keterampilan Kolaborasi yang Signifikan, peneliti menggunakan
Uji Hipotesis Paired Sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
terdapat pengaruh secara signifikan pa da penggunaan Strategi Inside Outside
Circle Terhadap Keterampilan Kolaborasi, Hal ini dibuktikan dengan adanya
peningkatan rata-rata nilai Pre-Observasi siswa sebelum diberi perlakuan dengan
nilai 49%, dan dengan rata-rata nilai Post-Observasi siswa setelah diberikan
perlakuan dengan nilai 83%. Hasil ini juga didukung dengan dilakukannya Uji
Hipotesis, dengan nilai signifikansi sebesar <0,001 yang mana lebih kecil atau
kurang dari 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Jika
diartikan secara singkat, maka dapat disimpulkan terdapat “Pengaruh Strategi
Inside Outside Circle Terhadap Keterampilan Kolaborasi Pada Siswa Kelas
V SD Waladun Shalih”.