Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan
metode cooperative script terhadap hasil belajar IPA pada materi “Siklus Air”
dikelas V. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam
penelitian ini seluruh siswa kelas V SDN 104260 Melati Perbaungan yang
berjumlah 50 siswa. Adapun teknik sampling yang digunakan ialah teknik
Sampling Jenuh (Total Sampling), dengan sampel penelitian kelas V-A berjumlah
27 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas V-B berjumlah 23 siswa sebagai
kelas kontrol. Instrument tes yang digunakan adalah lembar test berupa soal
pilihan berganda. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji pra
syarat (uji normalitas dan uji homogenitas) serta uji t-test. Hasil penelitian dari
analisis uji hipotesis Independent Sample T-Test menunjukkan bahwa analisis dari
metode pembelajaran Cooperative Script memperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar
0,000 < 0,05 , maka Ha diterima dan H0 ditolak. Maka terdapat pengaruh metode
pembelajaran Cooperative Script terhadap hasil belajar IPA pada materi “Siklus
Air” di kelas V SDN 104260 Melati Perbaungan. Berdasarkan hasil analisis data
yang diperoleh dari rata-rata (mean) hasil belajar IPA pada siswa V-A kelas
eksperiman (metode Cooperative Script) sebesar 78,88. Sedangkan rata-rata
(mean) hasil belajar IPA pada siswa kelas V-B kelas control (metode
konvensional) sebesar 63, 91