Abstract:
Penelitian ini membahas tentang Pengembangan Media Magic Box pada
pembelajaran kewarganegaraan siswa kelas IV SD Muhammadiyah 21 Medan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) bagaimana pengembangan media
magic box materi Pancasila kelas IV SD Muhammadiyah 21 Medan, (2)
bagaimana kevalidan media magic box materi Pancasila kelas IV SD
Muhammadiyah 21 Medan, (3) bagaimana kepraktisan media magic box materi
Pancasila kelas IV SD Muhammadiyah 21 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk
(1) mendeskripsikan media magic box serta mengetahui langkah-langkah
pengembangan media pembelajaran pada materi Pancasila, (2) untuk mengkaji
kevalidan media pembelajaran pada materi Pancasila, dan (3) untuk mengkaji
kepraktisan media pembelajaran materi Pancasila kelas IV SD Muhammadiyah 21
Medan. Jenis penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE
(Analysis, Design, Development, Implementation). Pada ujicoba yang dilakukan
pada kelas IV SD Muhammadiyah 21 Medan dengan jumlah siswa 21 orang.
Metode pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah metode angket respon
siswa, angket respon guru, dan angket dari validator seperti validator ahli media.
Validator ahli materi dan validaros ahli bahasa. Hasil penelitian ini berdasarkan
empat tahap. Empat tahap tersebut adalah pertama Tahapan analisis mencakup
kebutuhan dan karakteristik siswa. Kedua, Tahapan desain mencakup tahapan
merancang media yang dikembangkan, menyusun instrumen, dan RPP. Ketiga,
Tahapan pengembangan mencakup hasil kevalidan dari tiga para ahli. Keempat,
Tahapan implementasi yaitu tahapan melakukan uji coba ke sekolah. Hasil
pengembangan yang dilakukan dengan penilaian para ahli yaitu validator ahli
media 99% “sangat valid”, validator ahli materi 96% “sangat valid”, dan validator
ahli bahasa 94% “sangat valid”. Pada kepraktisan pendidik yang diambil dari
respon guru mendapatkan 94% “sangat praktis”. Dari seluruh respon siswa
mendapatkan 83,96% “sangat praktis”.