Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah Pengaruh Penggunaan
Media Puzzle Angka Terhadap Kemampuan Berhitung Siswa Kelas II UPT SPF
SD Negeri 105329 Wonosari. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah
terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media puzzle angka terhadap
kemampuan berhitung siswa kelas II UPT SPF SD Negeri 105329 Wonosari.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian yang
digunakan yaitu eksperimen. Adapun populasi dalam penenlitian ini adalah
seluruh siswa kelas II UPT SPF SD Negeri 105329 Wonosari. Teknik dalam
pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan instrument Tes.
Teknik analisi data dalam penelitian ini yaitu menggunakan uji validitas,
reliabilitas, normalitas, homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan pengujian
hipotesis dalam penelitian ini dengan menggunakan uji t (independent t test) hasil
analisis menunjukkan bahwa media puzzle angka memiliki nilai signifikansi
0,002. Maka berdasarkan pengambilan keputusan uji t jika nilai sig (2-tailed) <
0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima atau terdapat adanya pengaruh penggunaan
media puzzle angka terhadap kemampuan berhitung siswa. Berdasarkan hasil
analisis data yang telah dilakukan diperoleh rata-rata kemampuan berhitung siswa
pada kelas kontrol (konvensional) sebesar 66,57. Sedangkan rata-rata kemampuan
berhitungg siswa pada kelas eksperimen (media puzzle angka) sebesar 79,27. Jadi
dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media puzzle angka
terhadap kemampuan berhitung siswa kelas II UPS SPF SD Negeri 105329
Wonosari.