dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan mengembangkan aplikasi Let’s Read untuk
meningkatkan literasi membaca siswa kelas IV MIN 7 langkat menggunakan
metode pengembangan ADDIE, yang mencakup lima tahap: analysis, design,
development, implementation, dan evaluation. Pada tahap analisis, diidentifikasi
kebutuhan dan masalah literasi kelas IV. Tahap desain merancang konten dan fitur
aplikasi sesuai kebutuhan siswa. Pengembangan mencakup pembuatan aplikasi dan
pengujian awal untuk memastikan efektivitasnya. Implementasi dilakukan dengan
menerapkan aplikasi dalam pembelajaran, kemudian dievaluasi untuk mengukur
dampaknya terhadap literasi membaca.Hasil penelitian menunjukkan bahwa
penggunaan aplikasi Let’s Read secara signifikan meningkatkan minat dan
kemampuan membaca siswa. Aplikasi ini memberikan penglaman belajar yang
interaktif dan menyenangkan,serta mendapatkan respon positif dari siswa dan guru.
Aplikasi ini direkomendasikan untuk digunakan sebagai media pembelajaran
literasi disekolah dasar. |
en_US |