Abstract:
Program sekolah ramah anak berperan melayani kebutuhan anak didik khususnya
dalam Pendidikan. Dan untuk mewujudkan sekolah ramah anak perlu dukungan
dari berbagai pihak yaitu keluarga dan Masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk
menjelaskan bagaimana pola komunikasi sekolah ramah anak dalam pembentukan
karakter dalam program ramah anak. Sedangkan teori yang digunakan adalah teori
komunikasi antar pribadi sebagai komunikasi antara dua orang yang berlangsung
secara tatap muka. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif
dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Teknik analisis data dengan model interaktif terdiri dari tahap pengumpulan data,
reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Narasumber dalam
penelitian ini sebanyak 5 orang, yaitu kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru,
siswa dan murid. Hasil penelitian adalah keikutsertaan sekolah dalam program ini
untuk menjamin perlindungan siswa yang tumbuh di sekolah dengan
memperhatikan hak-hak anak, yaitu hak untuk hidup, hak untuk tumbuh dan
berkembang, hak atas dukungan dan hak atas pendidikan.