dc.description.abstract |
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas XI
Ak SMK PAB 8 Sampali . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
model pembelajaran Scramble terhadap hasil belajar akuntansi siswa pada
kompetensi dasar dokumen transaksi. Siswa kelas XI SMK PAB 8 Sampali Tahun
Pelajaran 2017/2018.
Populasi dalam penelitian ini berjumlah 38 orang. Tehnik pengambilan
sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling sehingga ditetapkan sampel
yang digunakan adalah kelas XI Ak yang berjumlah 38 orang sebagai sampel
penelitian. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dan tes tertulis
yang berbentuk lembar kerja siswa yang terdiri dari 20 item angket dan 9 item pre
test, 9 item post test yang terlebih dahulu diuji validitas dan reabilitasnya.
Dari hasil analisis data angket diperoleh nilai rata – rata sebelum
menggunakan model pembelajaran Scramble 56 dan standar deviasi 7,98.
Sedangkan setelah menggunakan model pembelajaran Scramble nilai rata – rata
60 dan standar deviasi 8,18. pre test diperoleh nilai rata-rata 71,05 , dan standar
deviasi 10,28. Sedangkan untuk data post test nilai rata-rata 85,39 dan standar
deviasi 12,54 dalam pengujian hipotesis menunjukkan untuk angket memperoleh
thitung 7,71 dan bila dikonsultasikan dengan nilai tabel “t” pada taraf signifikan
0,05, dengan db = N – 1 = 37 maka ttabel = 1,687 Dengan membandingkan antara
thitung dengan ttabel diperoleh (7,71>1,687), sehingga Ha ditolak dan Ho diterima,dan
untuk tes tertulis diperoleh thitung 12,80 dan ttabel = 1,687 . Dengan membandingkan
antara thitung dengan ttabel diperoleh (12,80 >1,681), sehingga Ha ditolak dan Ho
diterima, sehingga kesimpulannya adalah “ada pengaruh Model Pembelajaran
Scramble Terhadap Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran
Akuntansi kelas XI Akuntansi SMK PAB 8 Sampali |
en_US |