Abstract:
Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui keterampilan menulis teks prosedur
menggunakan model pembelajaran Project Based Learning, (2) untuk mengetahui
keterampilan menulis teks deskripsi menggunakan model pembelajaran konvensional
dan (3) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning
dalam menulis teks deskripsi. Populasi pada peneltian ini yakni semua peserta didik
kelas Kelas X SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Deli Serdang yang berjumlah 66
peserta didik dengan sampel dalam penelitian ini yakni kelas X RPL 1 sebagai kelas
experimen dan kelas X RPL 2 sebagai kelas kontrol. Model pembelajaran pada
penelitian ini yaknit media pembelajaran eskperimen dan desain yang digunakan
posttest only control design. Temuan analisis data pada kelas model pembelajaran
konvensional diperoleh skor rata-rata peserta didik yaitu 60,60 dengan presentase 74%
ataupun banyaknya 20 peserta didik ats rentang skor 50 – 100 dikelompokkan rendah
dan meraih skor dibawah KKM. Hasil temuan uji hipotesisnya diraih, mean peserta
didik yang menggunakan model pembelajaran Project Based Learning besarnya 84,8
dengan presentase 86% atau sebanyak 28 siswa pada rentang 80 – 100 dikategorikan
tinggi dan mendapat nilai di atas KKM. Berdasarkan uji hipotesis yang diperoleh
penggunaan model pembelajaran Project Based Learning lebih baik dibandingkan
penggunaan media pembelajaran konvesional dan dapat disimpulkan bahwa terdapat
pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap keterampilan
menulis teks deskripsi pada siswa Kelas X SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Deli
Serdang tahun pembelajaran 2023/2024.