Research Repository

Pengembangan Pembelajaran Akuntansi Dengan Menggunakan Media Aplikasi Accounting App Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

Show simple item record

dc.contributor.author Nopriyanti, Eli
dc.date.accessioned 2020-03-12T04:36:28Z
dc.date.available 2020-03-12T04:36:28Z
dc.date.issued 2018-02-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2577
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis aplikasi Accounting App “Akuntansi Excel” sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI Ak 2 SMK YPK Medan; dan mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa kelas XI Ak 2 SMK YPK Medan setelah menggunakan media pembelajaran Accounting App “Akuntansi Excel”. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Pada tahap Development, media aplikasi Accounting App “Akuntansi Excel” dinilai kelayakannya oleh 2 ahli materi (guru), 1 ahli media, dan 25 orang siswa. Pengukuran motivasi dilakukan terhadap 25 siswa kelas XI Ak 2 SMK YPK Medan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian pengembangan ini adalah melalui angket. Data yang diperoleh dari angket dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan lima tahap dalam pembuatan Accounting App “Akuntansi Excel” : 1) Analisis (Analysis), 2) Desain (Design) 3) Pengembangan (Development), 4) Implementasi (Implementation), dan 5) Evaluasi (Evaluation). Tingkat kelayakan Accounting App “Akuntansi Excel” sebagai media pembelajaran berdasarkan penilaian: 1) Ahli Materi diperoleh rerata skor 3,50 yang termasuk dalam kategori Sangat Layak, 2) Ahli Media diperoleh rerata skor 2,95 yang termasuk dalam kategori Layak. Penilaian kelayakan media oleh siswa diperoleh rerata skor 3,34 yang termasuk dalam kategori Layak. Dengan demikian, Accounting App “Akuntansi excel” ini layak digunakan sebagai media pembelajaran. Berdasarkan hasil peningkatan motivasi belajar dengan menghitung skor masing- masing setiap aspek diperoleh sebelum pembelajaran siswa yang termotivasi hanya 73% tetapi setelah dilakukan dengan menggunakan media aplikasi Accounting App meningkat sebanyak 15% sehingga peningkatan motivasi belajar siswa menjadi 88%. Dengan demikian, media aplikasi Accounting App “Akuntansi Excel” efektif untuk meningkatkan motivasi belajar. en_US
dc.subject Media Pembelajaran Accounting App “Akuntansi Excel” en_US
dc.subject Motivasi Belajar en_US
dc.subject Jurnal Umum en_US
dc.title Pengembangan Pembelajaran Akuntansi Dengan Menggunakan Media Aplikasi Accounting App Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account