dc.description.abstract |
Penelitian ini dilakukan karena kurang dalam menggunakan variasi metode,
model dan media pembelajaran, dan siswa terlihat malas dalam
memperhatikan guru ketika menjelaskan pembelajaran didalam kelas
sehingga kurang menstimuluskemampuan berpikir kritisnya dalam proses
pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya
pengaruh pembelajaran dengan menggunakan Metode Talking Stick terhadap
kemampuan berpikir kritis siswa padamata pelajaran matematika kelas IV SD
Negeri 105332 Sei Blumei. Populasi dalampenelitian ini adalah 47 siswa.
Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan total
sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 47 siswa dengan mengambil
2 kelas yaitu kelas IV-A sebagai kelas kontrol berjumlah 26 siswa dan kelas IV
B sebagai kelas eksperimen berjumlah 21 siswa. Instrumen penelitian ini
menggunakan tes yang berjumlah 15 soal berbentuk uraian/essay yang sudah
diuji validitas dan reliabilitas. Berdasarkan hasil yang dilakukan
dikelaseksperimen (Metode Talking Stick )diperoleh hasil rata-rata pre-test
39,52 dan post-test sebesar 72,85, sedangkan di kelas kontrol (metode
pembelajaran konvensional)dieperoleh hasil rata-rata pre-test 34,23 dan post-
test sebesar 61,54. Pembelajaran menggunakan metode talking stick
memberikan dampak yang signifikan bagisiswa. Dilihat dari nilai signifikansi
(sig.2-tailed) 0,017 < 0,05, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Jadi dapat
disimpulkan bahwa adanya pengaruh penggunaan metode talking stick
terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SD Negeri105332 Sei
Blumei. |
en_US |