Abstract:
Penelitian ini dilakukan karena kurang dalam menggunakan variasi metode,
model dan media pembelajaran, dan siswa terlihat malas dalam memperhatikan
guru ketika menjelaskan pembelajaran didalam kelas sehingga kurang
menstimulus kemampuan berpikir kritisnya dalam proses pembelajaran IPAS.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh pembelajaran
dengan menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap
kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPAS kelas IV SD Negeri
105332 Sei Blumei. Populasi dalam penelitian ini adalah 47 siswa. Teknik
pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan total sampling. Sampel
dalam penelitian ini berjumlah 47 siswa dengan mengambil 2 kelas yaitu kelas
IV-A sebagai kelas kontrol berjumlah 21 siswa dan kelas IV-B sebagai kelas
eksperimen berjumlah 26 siswa. Instrumen penelitian ini menggunakan tes yang
berjumlah 15 soal berbentuk uraian/essay yang sudah diuji validitas dan
reliabilitas. Berdasarkan hasil yang dilakukan dikelas eksperimen (Model
Problem Based Learning ) diperoleh hasil rata-rata pre-test 41,15 dan post-test
sebesar 73,08, sedangkan di kelas kontrol (metode pembelajaran
konvensional)dieperoleh hasil rata-rata pre-test 33,81 dan post- test sebesar
65,71. Pembelajaran menggunakan model problem based learning memberikan
dampak yang signifikan bagisiswa. Dilihat dari nilai signifikasi (sig.2-tailed )
0,016 <0,05,. Maka Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya, model pembelajaran
Problem Based Learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis
siswa dalam pembelajaran IPAS pada siswa kelas IV SD Negeri 105332 Sei
Blumei.