dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Akuntansi
setelah diterapkan model Explicit Instruction pada siswa kelas X Ak tahun
pelajaran 2017/2018 di SMK Ar-Rahman. Jenis penelitian ini adalah PTK yang
dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan,
tindakan, observasi/evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas
X Ak di SMK Ar-Rahman, yang berjumlah 29 orang. Objek penelitian ini adalah
peningkatan hasil belajar Akuntansi. Pengumpulan data dilakukan dengan metode
tes. Data dianalisis dengan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian
menunjukkan terjadi peningkatan persentase hasil belajar Akuntansi pada kelas X
Ak di SMK Ar-Rahman. Berdasarkan hasil tes pada siklus I rata-rata persentase
hasil belajar tuntas Akuntansi siswa sebesar 44,83% (kriteria rendah). Pada siklus
II rata-rata persentase hasil belajar Akuntansi siswa mengalami peningkatan
menjadi 82,76% (kriteria tinggi). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat
disimpulkan penerapan model Explicit Instruction dapat meningkatkan hasil
belajar akuntansi siswa kelas X SMK Ar-Rahman tahun pelajaran 2017/2018. |
en_US |