Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh menggunakan metode Role
Playing dalam Keterampilan Belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPS di SD Terpadu
Taman Pendidikan Islam. JL. Sisimangaraja No.5, Kec. Medan Amplas, Kota Medan,
Sumatera Utara. Penelitian ini merupakan Penelitian Kuantitatif. Menggunakan Metode
Role Playing. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket untuk
mengukur Keterampilan Belajar siswa dan soal tes untuk mengukur Keterampilan
belajar siswa. Tekhik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji
Normalitas dan Uji Hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh
saat Menggunakan Metode Role Playing untuk meningkatkan Keterampilan Belajar
siswa pada pembelajaran IPS kelas V SD Terpadu Taman Pendidikan Islam aspek
Keterampilan belajar yang diamati, dengan menggunakan metode Role Playing terhadap
keterampilan belajar siswa di kelas V sd Terpadu taman Pendidikan Islam.