Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh motivasi belajar dan kreativitas siswa SD Terpadu
Taman Pendidikan Islam kelas V-B yang masih perlu ditingkatkan. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan Metode pembelajaran Card
Sort ada Pengaruhnya dalam kreativitas belajar siswa pada pembelajaran IPS SD
Terpadu Taman Pendidikan Islam. Subjek penelitian ini adalah kelas V-B SD Terpadu
Taman Pendidikan islam. Adapun data yang diperoleh dari lembar observasi dan
angket respon siswa yang dianalisis dengan menghitung persentase dari keseluruhan
indikator yang diamati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas belajar siswa
setelah dilakukan penerapan Metode pembelajaran Card Sort menunjukkan bahwa
rata-rata seluruh indikator baik dari aspek motivasi belajar maupun kreativitas siswa
mengalami peningkatan yaitu adanya pengaruh menggunakan Metode Pembelajaran
Card Sort. Dari hasil pengolahan data yang diperoleh dari penelitian penerapan Metode
card sort untuk meningkatkan kreativitas Belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas V
SD Terpadu Taman Pendidikan Islam, Kec. Medan Amplas, Kota Medan adanya
pengaruh dengan menggunakan metode pembelajaran Card Shor terhadap kreativitas
belajar siswa.