Abstract:
Adapun tujuan dari penelitian ini ialah mendeskripsikan perbedaan skor dalam
mencegah sikap intoleransi pada kelompok eksperimen sebelum dan sesudah
diberikan perlakuan layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik
role playing. Dengan kelompok kontrol sebelum dan sesudah diberikan perlakuan
layanan bimbingan kelompok. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif
dengan tipe penelitian ekperimen dan kontrol. Objek dari penelitian ini adalah siswa
kelas X Albatani dan kelas X Aguste Comte SMA Swasta Budi Agung Medan.
Dengan menggunakan angket sikap intoleransi dan menggunakan uji Wilcoxon
Signed Ranks Test dan uji Kolmogorov Smirnov 2 Independen Sampels.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan terdapat: 1) Terdapat perbedaan yang
signifikan tentang sikap intoleransi siswa pada kelompok eksperimen, sebelum
(pretest) dan sesudah (posttest) dengan layanan bimbingan kelompok menggunakan
teknik role playing. 2) Terdapat perbedaan yang signifikan tentang sikap intoleransi
siswa pada kelompok konrol, sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) dengan
layanan bimbingan kelompok. 3) Terdapat perbedaan sikap intoleransi pada
kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang diberikan layanan bimbingan
kelompok dengan menggunakan teknik role playing.