Abstract:
Pendidikan merupakan hal yang sangat penting dan berguna bagi diri
manusia, untuk pengembangkan dirinya dalam mengarungi kehidupan.
Diharapkan mampu memecahkan masalah kehidupannya, karena pada
dasarnya pendidikan merupakan sistem atau cara meningkatkan kualitas hidup
manusia dalam segala aspek kehidupanya. Pembentukan karakter merupakan
hal yang sangat penting, apalagi di zaman sekarang ini, banyaknya Peserta
didik yang di setiap harinya berperilaku tidak baik dan tidak pantas.
Dikarenakan Kemajuan teknologi yang tidak dibarengi dengan karakter yang
religius sehingga banyak dari para siswa yang melakukan hal-hal diluar norma
norma dan kaidah yang berlaku. Sehingga banyak karakter peserta didik yang
mengalami kemunduran dari segi kereligiusan, Oleh karena itu ada tiga pihak
yang dapat mendukung terbentuknya karakter religius yaitu keluarga, sekolah
dan lingkungan.
Dalam penelitian ini digunakan metodologi dengan pendekatan
kualitatif, data-data yang berupa kata-kata tertulis atau lisan atau perilaku yang
dapat diamati melalui wawancara,observasi dan dokumentasi peneliti
menggunakan jenis penelitian deskriptif, dari segi kegiatan keagaman di
SMP PAB 5 Patumbak I sudah pada tahap pembentukkan karakter Religius
hal ini terbukti pada kegiatan keagamaan di dalam kelas namun kegiatan ini
belum sepenuhnya efektif untuk membentuk karakter religius para peserta
didik sehingga perlu kegiatan diluar Jam menggajar dikelas seperti kegiatan
Ekstrakulikuler
sehingga penambahan jam menggajar pada kegiatan
keagamaan ini dapat membentuk karakter religius peserta didik seperti
meningkatkan hapalan-hapalan, bacaan Alqur’an Peserta didik dan Shalat
sunah. dan pada tahapan evaluasi guna mengetahui karakter peserta didik
dengan melakukan observasi di SMP PAB 5 patumbak I