dc.description.abstract |
Komunikasi dapat meningkatkan kesadaran dan partisipasi mahasiswa dalam
kegiatan belajar, serta membantu dalam pengelolaan waktu dan manajemen tugas.
Prokrastinasi adalah menunda dengan sengaja kegiatan yang diinginkan walaupun
individu mengetahui bahwa perilaku penundaan tersebut dapat menghasilkan
dampak buruk. Motivasi belajar adalah sesuatu yang mendorong timbulnya suatu
kegiatan belajar, yang mengarahkan kegiatan belajar untuk mencapai tujuan yang
di inginkan dan menentukan cepat atau lambatnya kegiatan belajar. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengaruh komunikasi dan motivasi belajar terhadap
prokrastinasi akademik mahasiswa FMIPA Universitas Sumatera Utara. Metode
penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif korelasional dengan jumlah
sampel sebanyak 56 responden yang dipilih dengan Teknik incidental sampling,
data yang diperoleh dianalisis dengan softwere SPSS versi 29.0. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa: (1) Terdapat adanya pengaruh secara simultan (bersama
sama) dari variabel komunikasi dan motivasi belajar terhadap variabel prokrastinasi
akademik mahasiswa. Hal tersebut dapat dilihat pada hasil perhitungan secara
simultan menunjukkan bahwa nilai Fhitung 3.605 > 3,17 lebih besar dari Ftabel. (2)
Berdasarkan hasil perhitungan parsial atau uji T maka didapatkan kesimpulan, Ha1
ditolak, H02 ditolak, H03 ditolak dan H01 diterima Ha2 diterima Ha3 diterima.
Maka Komunikasi tidak memiliki pengaruh terhadap prokrastinasi akademik
mahasiswa, sedangkan Motivasi belajar memilki pengaruh terhadap Prokrastinasi
Akademik mahasiswa FMIPA Universitas Sumatera Utara. |
en_US |