Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa
dengan penerapan model pictorial riddle pada pembelajaran IPS. Penelitian menggunakan
metode kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 104215
Sudirejo, Kecamatan Namorambe, Kabupaten Deli Serdang, dengan jumlah 23 orang siswa.
Sumber data dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 104215, data siswa yang
diambil berupa tes hasil belajar. Guru sebagai peneliti berupa aktivitas guru dalam
pembelajaran, dan interaksi antara guru dengan siswa dalam proses pembelajaran. Hasil dari
penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pictorial riddle (kunci kesuksesan)
dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar kreativitas siswa. Hasil data pretest
sebelum menggunakan model pictorial riddle terdapat nilai rata-rata 72.52 sedangkan
berdasarkan hasil posttest eksperimen sesudah menggunakan model pictorial riddle terdapat
hasil nilai rata-rata 87.39 mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan pula dengan jumlah
siswa yang mencapai KKM sebelum penelitian dilaksanakan.