Research Repository

Pengaruh Model pembelajaran ARIAS Setting Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMK YPK Medan

Show simple item record

dc.contributor.author Hardini
dc.date.accessioned 2020-03-12T04:23:48Z
dc.date.available 2020-03-12T04:23:48Z
dc.date.issued 2018-03-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2574
dc.description.abstract Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasiil belajar akuntansi siswa kelas XI SMK YPK Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ARIAS Setting Kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar akuntansi siswa pada kompetennsi dasar Jurnal Khusus Pada Perusahaan Dagang pada siswa kelas XI SMK YPK Medan T.P 2017/2018. Penelitian dilaksanakan di SMK YPK Medan yang beralamatkan di Jl.Sakti Lubis Gg.Pegawai No.8 Medan. Populasi yang digunakan adalah seluruh kelas XI AK yang terdiri dari 1 kelas yang berjumlah 33 orang. Teknik pengembilan sampel yang digunakan adalah Total sampling sehingga ditetapkan sampel yang digunakan adalah kelas XI AK 1 yang berjumlah 33 orang sebagai sampel penelitian. Instrument penelitian yang digunakan adalah tes tertulis berbentuk uraian yang berjumlah 10 item, dan angket yang berjumlah 15 item yang terlebih dahulu di uji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data dilakukan dengan cara melakukan uji hipotesis, analisis regresi linear sederhana, koefisien determinasi. Dari hasil analisis data di peroleh bahwa nilai untuk variabel X =7,079. Untuk n = 33, diperoleh dk = n-2 = 33 – 2 = 31. Dengan α = 0,05, diperoleh = 1,696, karena > yaitu 7,079> 1,696 yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh Model PembelajaranARIAS Settting Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar. Dari perhitungan regresi linear sederhana diperoleh persamaan : Y= a + bX, maka Y = 30,476 + 0,947X. ini menunjukan bahwa setiap peningkatan variabel X (model pembelajaran ARIAS setting kooperatif tipe jiqsaw) sebesar 1%, maka akan terjadi peningkatan variabel Y (hasil belajar) sebesar 94 %. Nilai koefisien determinasi Sebesar 0,618 menujukan bahwa model pembelajaran ARIAS setting kooperatif tipe jiqsaw mempengaruhi hasil belajar akuntansi siswa sebesar 0,618 x 100% = 61,8%. en_US
dc.subject Model Pembelajaran ARIAS Settting Kooperatif Tipe Jigsaw en_US
dc.subject Hasil Belajar Siswa en_US
dc.title Pengaruh Model pembelajaran ARIAS Setting Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMK YPK Medan en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account