dc.description.abstract |
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasiil belajar akuntansi siswa
kelas XI SMK YPK Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
model pembelajaran ARIAS Setting Kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar
akuntansi siswa pada kompetennsi dasar Jurnal Khusus Pada Perusahaan Dagang
pada siswa kelas XI SMK YPK Medan T.P 2017/2018.
Penelitian dilaksanakan di SMK YPK Medan yang beralamatkan di Jl.Sakti Lubis
Gg.Pegawai No.8 Medan. Populasi yang digunakan adalah seluruh kelas XI AK
yang terdiri dari 1 kelas yang berjumlah 33 orang. Teknik pengembilan sampel
yang digunakan adalah Total sampling sehingga ditetapkan sampel yang
digunakan adalah kelas XI AK 1 yang berjumlah 33 orang sebagai sampel
penelitian.
Instrument penelitian yang digunakan adalah tes tertulis berbentuk uraian yang
berjumlah 10 item, dan angket yang berjumlah 15 item yang terlebih dahulu di uji
validitas dan reliabilitasnya.
Teknik analisis data dilakukan dengan cara melakukan uji hipotesis, analisis
regresi linear sederhana, koefisien determinasi.
Dari hasil analisis data di peroleh bahwa nilai untuk variabel X =7,079.
Untuk n = 33, diperoleh dk = n-2 = 33 – 2 = 31. Dengan α = 0,05, diperoleh
= 1,696, karena > yaitu 7,079> 1,696 yang artinya Ha diterima
dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh Model
PembelajaranARIAS Settting Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar.
Dari perhitungan regresi linear sederhana diperoleh persamaan : Y= a + bX, maka
Y = 30,476 + 0,947X. ini menunjukan bahwa setiap peningkatan variabel X
(model pembelajaran ARIAS setting kooperatif tipe jiqsaw) sebesar 1%, maka
akan terjadi peningkatan variabel Y (hasil belajar) sebesar 94 %. Nilai koefisien
determinasi Sebesar 0,618 menujukan bahwa model pembelajaran ARIAS
setting kooperatif tipe jiqsaw mempengaruhi hasil belajar akuntansi siswa sebesar
0,618 x 100% = 61,8%. |
en_US |