Research Repository

Pengaruh Kompetensi Guru Dan Sense Of Humor Dalam Proses Belajar Mengajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa

Show simple item record

dc.contributor.author Anzani, Isnaini Widia
dc.date.accessioned 2020-03-12T04:19:20Z
dc.date.available 2020-03-12T04:19:20Z
dc.date.issued 2018-02-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2572
dc.description.abstract Masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh kompetensi guru dan sense of humor terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas X AK SMK Swasta BM Al-Fattah Medan T.P 2017/2018. Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi guru dan sense of humor terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas X AK SMK Swasta BM Al-Fattah Medan T.P 2017/2018. Penelitian dilaksanakan di SMK Swasta BM Al-Fattah Medan T.P 2017/2018, dengan populasi seluruh siswa kelas X AK SMK Swasta BM AlFattah Medan yang berjumlah 23 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan rumus Issac dan Michael dengan tehnik Sample Random sampling,yaitu anggota populasi sebanyak 23 siswa dijadikan sebagai sampel, dan instrumen yang digunakan untuk mengukur kompetensi guru dan sense of humor berupa angket. Validitas tes diuji dengan menggunakan product moment dengan hasil dari variabel kompetensi guru dinyatakan 19 soal valid dan Sense Of Humor dinyatakan 20 soal valid. Reliabilitas tes di uji dengan menggunakan rumus alpha cronbach dengan hasil untuk reliabilitas kompetensi guru adalah sebesar 0,945 > 0,413 ( rhitung > rtabel ) dan sense of humor guru adalah sebesar 0,947 > 0,413 ( rhitung > rtabel ). Dari analisis diperoleh persamaan regresi linear berganda Y= 26,952 + 0,419 X1 + 0,448 X2. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t pada taraf signifikan alpha 5% hasil yang diperoleh menunjukan kompetensi guru berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar dimana thitung > ttabel ( 2,609 > 2,08 ). Sense of humor berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar dimana thitung>ttabel (3,191 > 2,08 ). Hasil yang diperoleh pada uji F menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan secara simultan variabel kompetensi guru dan sense of humor terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas X AK SMK Swasta BM Al-Fattah Medan T.P 2017/2018. Dengan nilai Fhitung > Ftabel (74,050>3,49). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kompetensi guru dan sense of humor berpengaruh terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas X SMK Swasta BM Al-Fattah Medan T.P 2017/2018. en_US
dc.subject Kompetensi guru en_US
dc.subject Sense of humor en_US
dc.subject Hasil belajar en_US
dc.title Pengaruh Kompetensi Guru Dan Sense Of Humor Dalam Proses Belajar Mengajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account