Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh iklan
dan testimoni terhadap keputusan pembelian melalui minat beli secara langsung
maupun secara tidak langsung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini
adalah pendekatan kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat
kota Padangsidempuan yang melakukan pembelian di aplikasi shopee. Sampel
dalam penelitian ini menggunakan rumus slovin sehingga diperoleh sampel
berjumlah 100 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan
teknik angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan pendekatan
kuantitatif menggunakan analisis statistik dengan menggunkana uji Analisis Auter
Model, Analisis Inner Model, dan Uji Hipotesis. Pengolahan data dalam penelitian
ini menggunakan program software PLS (Partial Least Square). Hasil penelitian
ini membuktikan bahwa secara langsung iklan, testimoni dan minat beli
berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, iklan dan testimoni
berpengaruh signifikan terhadap minat beli serta secara tidak langsung iklan dan
testimoni berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian melalui minat beli
pada E-commerce Shopee.