Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh Kurangnya Aktivitas Belajar siswa kelas V SD
Muhammadiyah 07 Medan Denai yang disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya yaitu
kurang tepatnya guru dalam memilih metode pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh yang signifikansi dari penggunaan metode pembelajaran Think Talk
Write di kelas V SD Muhammadiyah 07 Medan Denai dan untuk mengetahui pengaruh
penggunaan metode pembelajaran Tnik Talk Write terhadap Aktivitas belajar siswa kelas V
SD Muhammadiyah 07 Medan Denai.Penelitian ini merupakan penelitian dengan
pengolahan data kuantitatif serta menggunakan teknik total sampling dimana seluruh
populasi dapat dijadikan sampel yang berjumlah 49 Siswa. Variabel bebas adalah Medel
Pembelajaran Think Talk Write, sedangkan variabel terikat yaitu Aktivitas belajar siswa.
Proses pengambilan data menggunakan data kelas kontrol dan data kelas eksperimen yang
dianalisis menggunakan software SPSS versi 26. Hasil penelitian dari uji t (Independent
Sample T-test) menunjukkan bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran Think Talk
Write terhadap
Aktivitas Belajar Siswa dengan nilai sig. 2-tailed sebesar 0,000. Berarti 0,000 < 0,05, maka
Ha diterima dan H0 ditolak. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode
pembelajaran Think Talk Write Kelas V SD Muhammadiyah 07 Medan Denai