dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan kebangsaan pada mata
pelajaran PPKn pada kelas V MIS Fastabiqul Khairat Paluh Kurau dengan
menerapkan
model pembelajaran Role Playing. Metode penelitian yang
digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan
sebanyak II siklus. Dengan subjek penelitian siswa kelas V A MIS Fastabiqul
Khairat Paluh kurau yang berjumlah 7 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan.
Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar observasi dan tes.
Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar PPKn dengan menerapkan
model role playing. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari hasil
perolehan data dari siklus I sampai siklus II. Pada siklus I terdapat sebanyak 9
siswa yang tuntas dengan klasikal 42,85% sedangkan terdapat sebanyak 12 siswa
dengan klasikal 57,14% yang tidak tuntas dalam pembelajaran PPKn. Kemudian
pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 18 siswa yang tuntas dengan klasikal
85,71% dan terdapat sebanyak 3 siswa yang tidak tuntas dengan klasikal 14,28%.
Karena secara klasikal telah mencapai 85,71% siswa yang tuntas maka penelitian
ini dikatakan berhasil. |
en_US |