Abstract:
Saat ini di Indonesia terdapat banyak perusahaan-perusahaan distributor alat-alat
kesehatan. Di tahun 2021 sendiri terdapat 891 perusahaan distributor alat-alat
kesehatan. PT. Kharisma sendiri merupakan salah satu perusahaan yang bergerak
di bidang distributor penjualan alat-alat kesehatan. Pada saat ini PT. Kharisma
memasarkan produk-produknya melalui berbagai macam platform digital.
Marketing communication merupakan kegiatan pemasaran dengan menggunakan
teknik-teknik komunikasi yang bertujuan memberikan informasi perusahaaan
terhadap target pasarnya. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan strategi
digital marketing PT. Kharisma dalam mengoptimalkan penjualan alat-alat
kesehatan di Sumatera Utara. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif
kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan
dokumentasi jumlah informan. Teknik analisis data dengan model kualitatif yang
terdiri dari reduksi data, display data, dan kesimpulan dan verifikasi data. Hasil
penelitian menunjukkan bahwasannya platform digital saat ini memiliki peranan
yang sangat penting bagi sales marketing. Tanpa adanya platform digital tim
marketing akan kesulitan dalam memasarkan produknya. Marketing yang ulet,
professional, pantang menyerah, jujur, dan bisa menang dalam persaingan lah
yang dibutuhkan oleh PT. Kharisma hingga bisa mengoptimalkan penjualan alat –
alat kesehatan di Sumatera Utara.