Abstract:
Metode Pembelajaran adalah cara yang digunakan untuk mengimplementasikan
rencana yang sudah disusun dalam kegiatan nyata agar tujuan yang telah disusun
tercapai secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat
pengaruh metode speed terhadap keterampilan membaca siswa dikelas IV MIS
AL – MA’RUF Platina Raya. Yang berlokasi di Jl. Jala 20 Gg. Keluarga 50,
Rengas Pulau, Kec Medan Marelan, Kota Medan Sumatera Utara. Jenis penelitian
ini adalah penelitian kuantitatif, sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV
sebanyak 29 siswa, dengan 13 siswa laki-laki dan 16 siswa prempuan. Metode
speed reading adalah kegiatan membaca yang cepat tanpa mengabaikan
pemahamannya dimana dalam membaca cepat tiga hal yang perlu diperhatikan
yaitu tujuan membaca, keperluan membaca dan bahan bacaan. Keterampilan
membaca adalah untuk mengenali dan memahami kata melibatkan beberapa
kegiatan seperti mengenal huruf dan lambang kata dengan menghubungkan
dengan bunyi serta memahami isi teks bacaan. Teknik pengambilan sampel yang
dipilih adalah Probability Sampling. Probability Sampling adalah teknik
pengambilan sampel yang memberikan peluang yang sama bagi setiap unsure
(anggota) populasi untuk dipilih menjadi anggota sampel. Hasil penelitian
menunjuukan bahwa keterampilan membaca sangat rendah. Keterampilan
membaca setelah menggunakan metode speed reading mengalami peningkatan.
Berdasarkan hasil hitung SPSS terlihat signifitikan uji t yang diperoleh 0,18 >
0,05 maka terdapat pengaruh metode speed reading terhadap keterampilan
membaca siswa kelas IV MIS AL – MA’RUF Platina Raya.